Cara Menghilangkan dan Mencegah Jerawat Secara Alami

Banyak sekali orang yang bertanya tentang cara menghilangkan jerawat dengan cepat dan alam. Sebenarnya tidak ada cara instan yang baik bisa menghilangkan jerawat dengan cepat dalam 1 malam, menurut saya itu hanya ada di dunia dongeng, ya walaupun ada caranya, semisal dengan melakukan operasi pelastik dan sebagainya yang pastinya tidak memerlukan biaya yang sedikit.

 Jerawat memang merupakan ganjalan terbesar khusunya bagi para remaja dan pemuda, di mana jerawat ini akan membuat seseorang akan kehilangan kepercayaan dirinya sehingga iya merasa minder dengan jerawat yang di alaminnya, berikut penjelasan tentang masalah jerawat ini.

Jerawat terjadi di mana pori-pori dari kulit tersumbat dan menimbulkan kantung nanah yang meradang. Sedangkan jerawat sendiri terbagi atas tiga bagian yaitu, jerawat komedo, jerawat biasa dan jerawat batu yang merupakan jenis jerawat yang sangat sulit di hilangkan kecuali dengan operasi. Penyebab timbulnya jerawat di kulit biasanya di sebabkan oleh beberapa factor di antaranya, sel-sel kulit yang mati, penggunaan obat yang tidak cocok, produksi minyak dalam kulit berlebih, kosmetik dan bakteri.

A. Kesalahan yang sering terjadi saat menghilangkan jerawat

Kesalahan yang banyak terjadi dan sering di lakukan oleh seseorang adalah dengan memencet jerawat tersebut, sehingga isi dari jerawat keluar. Mereka berfikir bahwa dengan begitu jerawat akan cepat hilang dan pergi. Faktanya, memencet jerawat hingga isinya keluar bukanlah suatu cara yang bagus dan sangat tidak di rekomendasikan,  justru  Memencet jerawat dapat menimbulkan infeksi yang lebih parah dan bukan jerawat yang hilang melainkan semakin bertambah banyak.



 Memencet jerawat justru dapat merusak jaringan kulit dan lapisan dari kulit itu sediri, sehingga bisa menyebabkan bekas jerawat yang tidak sedap di pandang. karena, bekas tersebut akan berubah menjadi lengkungan-lengkungan kecil.


B. Menghilangkan Jerawat Dengan Bahan-bahan Alami

Saat ini produk perawatan wajah yang bisa menghilangkan jerawat sudah sangat banyak bertebaran, baik itu di dunia maya maupun dunia lain, yang bisa kita dapatkan dari toko online, apotik dan lain-lain. Tentu dari produk tersebut saya tidak meragukannya.

Tetapi, alangkah lebih baiknya kita mengeceknya terlebih dahulu di badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), apakah produk tersebut sudah terdaftar dan memiliki izin edar resmi atau tidak. Jika tidak, silahkan Anda cari produk yang lain, yang sudah memiliki izin edar resmi.

1. Menghilangkan jerawat dengan Kulit Pisang
Mungkin Anda tidak akan percaya jika kulit pisang bisa menghilangkan jerawat. Awalnya saya juga tidak yakin jikalau kulit buah ini bisa menyembuhkan dan menghilangkan jerawat, tetapi setelah saya bertanya kepada dokter ahli kulit, ternyata hasilnya mencengangkan.

Bahwasanya kulit buah pisang ini mengandung enzim yang berguna mnghentikan pengeluaran minyak secara berlebih dan bisa membuka pori-pori kulit yang tersumbat, sehingga minyak dari kulit tersebut bisa langsung keluar. Dan untuk cara menggunakannya bisa Anda lihat di bawah ini.

Silahkan Anda lihat dulu jenis jerawat yang sedang Anda derita, apa jerawat tersebut sudah meradang atau belum meradang. Jika belum meradang Anda langsung saja menggosokkan bagian putih dari kulit pisang ke tempat jerawat yang akan Anda hilangkan, dengan pelan dan menyeluruh.

Sedangkan jika sudah meradang, Anda bisa menghancurkan kulit pisang tersebut dan menambahkan satu sendok teh madu murni dan mencampurkannya, kemudian jadikan masker wajah Anda. Lakukan cara ini setiap Anda akan tidur.

2. Menggunakan Bubuk Cendana dan Air Mawar
Caranya, silahkan Anda campurkan satu sendok air mawar dengan dua dendok bubuk cendana. Campurkan bahan tersebut hingga merata, kemudian oleskan pada tempat jerawat Anda, semisalnya wajah, maka oleskan di wajah Anda sampai merata dan diamkan 10-15 menit, kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih. Untuk hasil yang lebih maksimal Anda bisa meLakukan cara ini satu hari sekali.

3. Bawang Putih
Sudah tidak di pungkiri lagi jikalau buah yang satu ini mempunyai banyak sekali manfaat, di antara manfaat dari bawang putih yaitu, bisa menyembuhkan dan menghilangkan jerawat. Caranya cukup mudah, Anda tinggal menghaluskan bawang putih tersebut sehingga membentuk bubur, kemudian oleskan pada bagian yang di tumbuhi jerawat dan diamkan selama 5-10 menit, kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih. Untuk hasil yang maksimal Anda bisa melakukan cara ini 2 kali sehari.

4. Menggunakan Telur
Pisahkan dulu antara kuning telur dan putihnya, kita hanya mengambil putih telurnya saja. Setelah itu oleskan pada tempat yang Anda ingin hilangkan jerawatnya, setelah itu diamkan antara 10-15 menit. Kemudian bilas dengan air hingga bersih.

5. Lidah Buaya
Tanamanan dengan bahasa latinnya Aloaevera ini memiliki banyak sekali manfaat, di antaranya bisa menghilangkan bekas jerawat dan mempercepat pertumbuhan rambut Anda, cara menggunakannya cukup mudah. Pilihlah lidah buaya yang masih segar, kalau bisa baru metik, Anda kupas kulitnya dan ambil gelnya. Steleh itu Anda bisa langsung mengoleskan gel lidah buaya tersebut, tunggu lah antara 5-10 menit, kemudian bilas sampai bersih. Cara ini bisa Anda lakukan setiap Pagi dan sore untuk hasil yang maksimal.

6. Tomat
Tanaman yang dalam bahasa ingrisnya “Tomato” ini bisa menghilangkan jerawat, yaitu dengan cara sebagai berikut. Irislah tomat tipits-tipis kemudian letakan pada kulit Anda dan diam kan selama 20-30 menit, kemudian bersihkan. Cara ini baik di Anda lakukan sebelum tidur atau ketika Anda hendak tidur.

7. Jeruk Nipis dan Madu
Jeruk nipis yang dengan rasanya yang masam dan sangat tidak enak untuk di makan kecuali untuk teman sambal ini dapat menyembuhkan jerawat, lihat cara-caranya. Siapkan 3 sendok teh perasan dari jeruk nipis kemudian di campur dengan 1 sendok teh madu, aduklah kedua bahan tersebut hingga tercamur semuanya, setelah itu oleskan campuran tadi pada kulit jerawat Anda hingga merata. Kemudian diamkan hingga 30 menit atau bisa sampai mongering. Jika sudah kering, bilaslah dengan air hingga bersih.

8. Madu Alami
Tidak di pungkiri bahwa madu memilki banyak sekali manfaat sejak dari jaman dulu. Madu banyak di gunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit pada zaman rosulullah dan saat ini, semakin berkembangnya tehnologi banyak kedoktean yang membuktikan manfaat dari madu tersebut, dengan catatan, madu yang Anda gunakan adalah madu asli bukan madu oplosan, cara menggunakanya tidak terlalu sulit.

Anda hanya tinggal mengoleskan madu ke seluruh permukaan kulit dengan menggunakan tanga atau kapas. Setelah itu Anda diamkan 30 menit atau sampai madu mongering, kemudian Anda bilas hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal Anda bisa melakukan cara ini 1 hari 2 kali.

9. Menggunakan Pasta Gigi
Pasta gigi memiliki enzim yang dapat mendinginkan urat syaraf, yang artinya bisa membuat urat menjadi tenang, cocok untuk menghilangkan nyeri pada gigi Anda. Tapi saya tidak akan membahas masalah gigi melainkan jerawat, berikut cara-caranya.

Siapkan Pasta gigi nya terlebih dulu (gunakan pasta gigi bukan gel). Oleskan pasta gigi ini pada bagian jerawat Anda, lakukan cara ini saat Anda hendak tidur dan bilas setelah Anda bangun tidur hingga bersih.
Baca juga : Cara Menghilangkan Sakit Gigi Dengan Ramuan Herbal

C. Cara Mencegah Jerawat

Jerawat bisa Anda cegah dengan beberapa hal di antaranya seperti di bawah ini. Rajin-rajinlah membersihkan muka, ini menjadi nilai plus bagi Anda yang muslim dan rajin sholat, Hindari tempat-tempat berdebu yang bisa menyebabkan tersumbatnya pori-pori kulit Anda,makanlah makanan yang banyak mengandung air seperti jeruk, semangka dan hindari makanan yang berbau tajam seperti durian dan sebagainya. Boleh di konsumsi asalkan tidak berlebih.

Penutup!

Itulah Cara Menghilangkan dan Mencegah Jerawat Secara Alami yang bisa Anda terapkan di rumah dan sudah terbukti membuahkan hasil. Lakukan cara di atas dengan rutin dan jangan pernah berputus asa jika jerawat Anda belum juga menghilang, itu mungkin di sebabkan oleh gen atau keturunan. Anda bisa memeriksanya pada dokter kulit. Oke cukup sekian Semoga bermanfaat dan Trimakasih.

2 komentar:

M Islamiyah said...

Berarti saya salah dongmencet jerawat. saya pikir memencet jerawat bisa mengurangi jerawat tersebut. Ternyata salah.

Unknown said...

iya mas. hehehe.